Rabu, 24 Desember 2008

penyakit menular

1.AIDS

AIDS singkatan dari Acquired Imuno Deficiency.AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang merusak system kekebalan tubuh manusia.Akibatnya,tubuh mudah diserang penyakit-penyakit lain yang sangat fatal.

  1. Cara Penularan AIDS

v Melalui kontak hubungan badan (hubungan seksual) dengan seorang penderita yang telah terinveksi HIV.

v Melalui jarum suntik atau alat suntik lain yang telah dipakai orang yang terinveksi HIV.

v Melalui transfusi yang tercemar HIV.

v Melalui ibu hamil yang terinveksi HIV kepada bayi yang dikandungnya.

  1. Gejala Penyakit AIDS

Infeksi oleh HIV akan meyerang system kekebalan tubuh.Karena sel-sel pertahanan tubuh semakin banyak yang rusak maka penderita menjadi sangat rentan terhadap semua bentuk infeksi kuman.Pada tahap akhir,penderita bahkan tidak tahan terhadap kuman-kuman yang secara normal bisa dibinasakan dengan mudah oleh anti body tubuh.

Pada tahap awal,seseorang yang terinfeksi HIV tidak menunjukkan gejala dan mungkin sampai bertahun-tahun.Setelah terinfeksi pada tahap pertengahan,seorang penderita akan menunjukkan gejala seperti flu yang berulang yaitu lesu,demam berkeringat malam hari tanpa sebab,otot sakit,batuk,pembesaran kelenjar limfe,dan infeksi mulut (sariawan) berulang-ulang.Pada tahap akhir,berat badan penderita menurun dengan cepat,diare kronis,sesak nafas,bintik-bintik atau bisul berwarna merah yang akhirnya menyebabkan kematian.

  1. Cara Pencagaha Penyakit AIDS

v Setia pada pasangan

v Hindari penggunaan jarum suntik bersama-sama.

v Bila ingin menggunakan alat tusuk seperti akupuntur,tato,melubangi telinga pastikan alat-alat yang dipakai telah disucihama.

v Bila ingin melakukan transfuse darah,pastikan bahwa darah tidak tercemar HIV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar